Kamis, 1 Oktober 2015 di Gedung RnD Universitas Ma Chung diadakan seminar mengenai Start Up Business. Start Up merupakan sebuah digital marketing untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang ada di lingkungan maupun masyarakat sekitar. Pada seminar kali ini Start Up yang di bahas adalah TECH IN ASIA. TECH IN ASIA sendiri merupakan media online mengenai industri Start Up di wilayah Asia. Ada berbagai acara dalam TECH IN ASIA seperti:
1. TECH
INI ASIA conference yang diadakan 3
kali dalam 1 tahun di berbagai tempat di Asia seperti Singapore, Jakarta, dan
lain-lain.
2. Meet Up
3. Campus
visit seperti yang diadakan di Universitas Ma Chung

1. Sulitnya mengkonvert penyedia travel untuk
belajar teknologi informasi karena masih manual dalam pencatatanya.
2. Membagi antara bootstrapping dan produk.
3. Penggunaan teknologi di kota Malang minimal.
4. Membutuhkan tekad yang besar jika ingin
prosesnya cepat.
Strategi yang digunakan travel car
adalah memasang iklan pada google dengan menggunakan google Adwords dan
memberikan sistem baru untuk penyedia travel yang masih belum menggunakan
teknologi informasi yaitu secara sms. User memesan melalui online sedangkan
travel car menghubungi penyedia travel melalui sms. Travel car juga sering
memasarkan pada mahasiswa-mahasiswa melewati promosi-promosi di kampus.
Pembicara kedua adalah Deny Santoso yaitu seorang entrepreneur digital marketing. Dalam seminar kali ini Deny Santoso membicarakan tentang bagaimana produk dapat membantu masyarakat yaitu lewat Start Up. Awalnya pembicara membuat usaha dengan e-commerce untuk suplemen tubuh dan dunia fitness. Dia mencoba menawarkan barangnya lewat blog sederhana dan menjawab pertanyaan customer melewati Yahoo Messanger. Lambat laun, dia membuat bisnis online dengan website yang sangat bagus dan dapat dikenal banyak orang. Yang paling penting dalam membuat bisnis online adalah:
1.
Speed
2.
Memakai personal branding sehingga dapat menjadi
jembatan
3.
Memiliki jaringan bisnis
4.
Sponsor
5.
Promosi
6.
Database
5 Kriteria dalam menjalankan bisnis besar:
1.
Need (diharapkan yang memakai produk harus
banyak).
2.
Entry (dalam memasuki dunia bisnis, semakin
sulit maka semakin bagus).
3.
Control (bisa memegang control dari ujung ke
ujung/banyak brand).
4.
Time (jangan menukar waktu dengan uang).
5.
Scale (bagaimana caranya bisnis harus
dikembangkan).
Kunci dari bisnis online adalah DATABASE dan fokus terhadap
advance jangan terhadap produk.
0 komentar:
Posting Komentar