Memulai Bisnis Tepat dengan START UP

by 05.19 0 komentar

Kamis, 1 Oktober 2015 di Gedung RnD Universitas Ma Chung diadakan seminar mengenai Start Up Business. Start Up merupakan sebuah digital marketing untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang ada di lingkungan maupun masyarakat sekitar. Pada seminar kali ini Start Up yang di bahas adalah TECH IN ASIA. TECH IN ASIA sendiri merupakan media online mengenai industri Start Up di wilayah Asia. Ada berbagai acara dalam TECH IN ASIA seperti:
1. TECH INI ASIA conference yang diadakan 3 kali dalam 1 tahun di berbagai tempat di Asia seperti Singapore, Jakarta, dan lain-lain.
2. Meet Up
3. Campus visit seperti yang diadakan di Universitas Ma Chung

Pada Seminar kali ini pembicara pertama adalah mas Reno yaitu dari travelcar.co.id. Travelcar.co.id ini merupakan start up baru yang didirikan tahun 2012 oleh tiga founder. Pada awalnya tiga founder tersebut bekerja sama untuk mengerjakan produk-produk IT dan pada akhirnya mereka membuat start up untuk menyelesaikan sebuah masalah bagi para traveler. Travelcar  telah mengcover 30 penyedia travel di wilayah Jawa dan lebih dari 100 rute yang dilayani mereka kepada para traveler. Kelebihan dari travelcar ini adalah mereka menggunakan Smart Booking System dengan customer dapat memilih mobil yang diinginkan, dan lain-lain. Travel car menyediakan pembayaran dengan transfer dan mereka juga bekerja sama dengan penyedia. Pembicara mengatakan kendala-kendala penggunaan start up adalah bagaimana tetap dapat menjalankan tetapi belum banyak mendapat penghasilan dan menutupi biaya operasional dengan mengerjakan produk dari orang. Dalam membuat sebuah usaha adalah pnetingnya banyak relasi komunitas/ relasi lainnya untuk saling meningkatkan kualitas. Dalam proses pemasaranpun banyak kendala yang dialami oleh travel car, seperti:

1. Sulitnya mengkonvert penyedia travel untuk belajar teknologi informasi karena masih manual dalam pencatatanya.
2.  Membagi antara bootstrapping dan produk.
3. Penggunaan teknologi di kota Malang minimal.
4. Membutuhkan tekad yang besar jika ingin prosesnya cepat.
Strategi yang digunakan travel car adalah memasang iklan pada google dengan menggunakan google Adwords dan memberikan sistem baru untuk penyedia travel yang masih belum menggunakan teknologi informasi yaitu secara sms. User memesan melalui online sedangkan travel car menghubungi penyedia travel melalui sms. Travel car juga sering memasarkan pada mahasiswa-mahasiswa melewati promosi-promosi di kampus.


Pembicara kedua adalah Deny Santoso yaitu seorang entrepreneur digital marketing. Dalam seminar kali ini Deny Santoso membicarakan tentang bagaimana produk dapat membantu masyarakat yaitu lewat Start Up. Awalnya pembicara membuat usaha dengan e-commerce untuk suplemen tubuh dan dunia fitness. Dia mencoba menawarkan barangnya lewat blog sederhana dan menjawab pertanyaan customer melewati Yahoo Messanger. Lambat laun, dia membuat bisnis online dengan website yang sangat bagus dan dapat dikenal banyak orang. Yang paling penting dalam membuat bisnis online adalah:
1.       Speed
2.       Memakai personal branding sehingga dapat menjadi jembatan
3.       Memiliki jaringan bisnis
4.       Sponsor
5.       Promosi
6.       Database
5 Kriteria dalam menjalankan bisnis besar:
1.    Need (diharapkan yang memakai produk harus banyak).
2.    Entry (dalam memasuki dunia bisnis, semakin sulit maka semakin bagus).
3.    Control (bisa memegang control dari ujung ke ujung/banyak brand).
4.    Time (jangan menukar waktu dengan uang).
5.    Scale (bagaimana caranya bisnis harus dikembangkan).
Kunci dari bisnis online adalah DATABASE dan fokus terhadap advance jangan terhadap produk.

Unknown

Mahasiswa Teknik Industri Universitas Ma Chung

0 komentar:

Posting Komentar